Wednesday, September 19, 2018

#AksiSehatCeria: Ketika Menjadi Sehat Semudah Berbagi

#AksiSehatCeria: Ketika Menjadi Sehat Semudah Berbagi

Halo hai Kawan, Sabtu, 15 September 2018 lalu, aku dan beberapa teman dari Blogger Perempuan Network berkesempatan untuk hadir di acara #AksiSehatCeria yang diselenggarakan oleh DokterSehat.com, dalam rangka merayakan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-73 (yang diperingati setiap tanggal 17 September), juga sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang belum lama ini menimpa Indonesia.
DokterSehat.com sendiri adalah salah satu portal kesehatan di Indonesia yang menyediakan informasi, panduan, dan konsultasi online. Didirikan sejak akhir Desember 2015, DokterSehat.com berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih sadar bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang penting dan mudah dilakukan. Menurut DokterSehat.com, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan donor darah. Kenapa? Secara psikis, bisa donor itu pasti bikin seneng sih karena udah bisa berbagi. Jadi tentu aja itu baik buat kesehatan, kan?

Ngomongin donor darah, aku tuh sebetulnya udah lama bangettt pengin donor. Tapi, belum pernah berhasil sejak pertama kali mencoba donor, sekitar 10 tahun lalu. Kendalanya, kalau ngga Hb-nya yang ngga masuk, ya paling tensi darahnya yang rendah. Huft. Pernah juga ditolak "mentah-mentah" gara-garanya aku ngga tau kalau lagi datang bulan itu ngga bisa donor :s Sejak ditolak kesekian kalinya itu, yaudah akhirnya menyerah saja. Nyesek uga lama-lama ditolak mulu :s Tapi, ngga ngerti kenapa, aku selalu aja ngerasa seneng tiap kali ada acara donor darah kaya gini. Walaupun belum pernah bisa ikut berkontribusi. Huhu


#AksiSehatCeria
Pak Indra Darmawan (CEO DokterSehat.com) | Photo milik @Almazia
Bertempat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan, #AksiSehatCeria dimulai dengan sesi health-talk. Di ruang lain, acara donor darah udah dimulai dari sepagian karena acara ini memang dibuka untuk umum. Acara health-talk dibuka oleh CEO sekaligus Co-Founder DokterSehat.com, Pak Indra Adam Darmawan, yang kasih kita 3 resep bahagia ala DokterSehat yaitu 3S. Syukur, Sehat, dan Sesama. Maksudnya, kunci bahagia itu cuma 3, cukup dengan pandai bersyukur, hidup sehat, dan peduli pada sesama.

Health-talk: POLA HIDUP SEHAT

Dr. Christoper Andrian, M.Gizi, Sp.GK
Dr. Christoper Andrian | Photo milik @Almazia
Sesi health-talk pun dimulai dengan menghadirkan Dr. Christoper Andrian, M.Gizi, Sp.GK, yang merupakan Clinical Nutrition Specialist Ciputra Medical Center. Tema health-talk kali ini adalah, tentang pola hidup sehat, dan kaitannya dengan Obesitas. Jadi gengs, menurut penelitian, Obesitas di Indonesia ini angkanya semakin meningkat sejak beberapa tahun kebelakang. Dan yang persentase naiknya lebih tinggi itu ada di perempuan.
Nah, aku tuh baru tau kalau ternyata, Obesitas itu ada 2 jenis, ada obesitas biasa dan obesitas sentral. Bedanya, kalau obesitas biasa gemuknya sebadan-badan, kalau obesitas sentral "cuma" gemuk dibagian perut doang a.k.a perut buncit. Menurut penelitian, diantara keduanya, yang justru lebih berbahaya adalah obesitas sentral. Selain, karena kadang ngga disadari sebagai obesitas, obesitas sentral juga berbahaya karena timbunan lemak ada di perut, dan membungkus organ-organ. Sehingga, bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi kesehatan, seperti, penyakit jantung, darah tinggi, diabetes, dan bahkan kanker.


Health Talk Aksi Sehat Ceria

Yuk! Hitung berat badan idealnya
Buat tau kita obesitas atau ngga, bisa dihitung dengan menggunakan hitungan Indeks Massa Tubuh. Ada 2 versi, ada yang versi WHO (dunia), rumusnya, berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan (m)). Untuk versi asia, rumusnya, (tinggi badan – 100) – 10%. Atau yang paling gampang, ya cek aja di DokterSehat.com. Ngga cuma hitung berat badan ideal, di DokterSehat.com kita juga bisa hitung kalori, hitung masa subur, juga hitung kehamilan. Lengkap bangettt dan semuanya FREE alias gratis.
Untuk kunci pola hidup sehat, sebetulnya cuma 1, energi yang keluar harus lebih banyak dari energi yang masuk. Jadi, sebetulnya, sebanyak apapun kalori yang masuk asalkan seimbang sama kalori yang keluar, ya nda masalah. Tapi kalau misal merasa kesulitan dalam hal mengeluarkan kalori (baca: malas olahraga), ya sudah saatnya buat merubah pola makan. Tapi bukan berarti jadi ngga makan sama sekali lho ya. Kebutuhan gizi setiap hari harus tetap terpenuhi. Lebih disarankan, untuk makan 6 kali sehari dengan porsi cukup, daripada makan 1 kali tapi diseling ngemil berkali-kali. Siapa yang hobinya ngemil, hayoo? *ngacung tinggi-tinggi
Dr. Christoper juga ngasih kita rumus untuk makan sehat, yaitu 4J, Jadwal, Jumlah, Jenis, dan Jurus Memasak. Pertama, tentukan jadwal makan, agar lebih teratur, misal setiap 3-4 jam sekali. Kedua, batasi jumlah makanan, usahakan gizinya seimbang, jangan kebanyakan karbo. Misal, jangan mencampur mie dengan nasi, apalagi ditambah kentang. Disarankan untuk mengurangi carbo dari makanan yang berbahan tepung-tepungan, karena tepung itu sifatnya simple carbo, yang bikin kita mudah lapar lagi. Seperti, mie, roti, biskuit, dan makanan favorit kebanyakan umat, gorengan!
Yang ketiga, pilih jenis makanan yang alamiah dan segar. Yang keempat, perhatikan juga jurus memasaknya. Makanan yang dikukus, rebus, pepes, panggang, kuah, dan tumis jauh lebih baik ketimbang makanan yang digoreng, deep-fried, diawetkan, dan diasap. Buat aktivitas fisik, sebetulnya kita itu "hanya" dituntut untuk beraktivitas fisik minimal 150 menit dalam 1 minggu. Itu artinya, cukup 30menit aja sehari, dalam 5 hari sudah terpenuhi ya.
Yoks! Semangatin lagi ahhh olahraganya. Kemarin-kemarin udah sempet rutin sepedaan padahal, terus belakangan kendor lagi karena bosan. Huft~ Kalau pola makan, udah mulai belajar cut carbo sih hampir setahunan ini. Dan emang beneran ngaruh bangettt. Nanti deh pan-kapan aku ceritain detailnya ya.

Tentang Blood4Life Indonesia

Health Talk Aksi Sehat Ceria
Faisal Nur Hidayat dari Blood4Life Indonesia | Photo milik @Almazia
Selesai sesi health-talk bareng dr. Christopher, sesi selanjutnya diisi oleh Mas Faisal Nur Hidayat dari Blood4Life Indonesia, yang mengenalkan kita tentang apa itu Blood4Life. Jadi, Blood4Life adalah sebuah komunitas sosial, yang secara sukarela membantu orang-orang yang membutuhkan darah secara GRATIS. Jadi tuh, kalau misal ada yang butuh donor darah dan kondisinya stock darah di PMI kosong, bisa banget langsung hubungi Blood4Life di Hotline 0878-7519-5599. Mereka menyebutnya IGD Maya. Dengan layanan aktif 24 jam dan tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia.
Ngga cuma untuk orang-orang yang membutuhkan darah, untuk orang-orang yang bersedia jadi pendonor juga bisa banget lho gabung di Blood4life. Jadi tuh, nanti kalau ada yang butuh darah yang cocok sama darah kamu, akan langsung dihubungi oleh tim Blood4Life. Dan tenang aja, semua informasi yang tersebar di Blood4Life udah pasti bukan info kadaluarsa apalagi HOAX karena sebelumnya akan dicek terlebih dulu oleh adminnya.

Tentang Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax)

Selain menggandeng Ciputra Medical Center dan Blood4Life Indonesia, DokterSehat.com juga bekerjasama dengan Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax) yang memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Nah, buat yang belum tau apa itu Indodax, aku coba jelasin dikit ya soalnya aku juga baru tau banget soal Indodax.
Indodax adalah, platform tempat bertemunya penjual dan pembeli aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lain sebagainya. Digital aset ini bisa dibeli pakai rupiah ataupun bitcoin. Jadi, semacam kaya beli saham gitu lah ya, cuma ini asetnya digital. Dan acara #AksiSehatCeria ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR)-nya Indodax.


Donor Darah Aksi Sehat Ceria
Donor darah ternyata cuma 5-10 menit aja selesai
Selesai acara health-talk, kami pun dipersilakan untuk makan siang dan setelahnya bisa langsung ke area untuk donor darah. Aku dan kak Yulia, gercep aja ke area donor. Aku ikut daftar tapi ngga ekspektasi apa-apa. Cukup "tau diri" juga, karena malam sebelumnya emang kurang tidur, dan ya mengingat kegagalan yang sudah-sudah pun :v Dan ternyata, beneran aja, aku gak lolos karena tensi darahnya rendah, 100/70. Setelah diingat-ingat, rasanya emang tensi darah aku ya segitu-gitu aja -__- Menurut info dari mas-nya, kalau emang selalu rendah, ngeceknya itu harus 3 minggu berturut-turut. Kalau 3 minggu berturut-turut memang dinyatakan rendah, baru bisa donor. Wanna try?~

Walking Tour Ciputra Medical Center (CMC)

Sesaat sebelum pulang, aku dan teman-teman blogger sempat diajak "jalan-jalan" ke area Ciputra Medical Centre oleh Mas Raymond Chandra, selaku Marketing Communications Officer Ciputra Medical Center. Jadi gengs, Ciputra Medical Center (CMC) ini adalah sebuah klinik dengan layanan pemeriksaan berstandar Rumah Sakit. Yang membedakan CMC dengan Rumah Sakit hanya, tidak adanya layanan rawat inap, hanya tersedia layanan rawat jalan aja.
Untuk layanan dokternya sendiri cukup lengkap, dari mulai dokter umum sampai dokter spesialis ada, kalau mau medical check up bisa, physiotherapy ada, akupuntur ada tapi mereka akupunturnya pake yang teknologi Jepang gitu yang diklaim painless, dan yang lumayan “laris” di sini adalah dental clinic, konon yang datang ke sini kebanyakan dari kedubes gitu. Pokoknya keren bangetlah ini kliniknya, mevvah!

Lomba Blog #AksiSehatCeria

Nah, itu dia serangkaian kegiatan aku di acara #AksiSehatCeria kemarin. Sekarang saatnya aku bagi-bagi info menarik buat teman-teman blogger seantero Nusantara. DokterSehat.com lagi ngadain lomba blog berhadiah total jutaan rupiah lho gaes!


Lomba Blog #AksiSehatCeria

Lombanya ini berlangsung dari tanggal 15 September 2018 – 16 Oktober 2018, catat tanggalnya, jangan sampai ketinggalan yaaa. Info lengkap bisa cek di Lomba Blog #AksiSehatCeria

No comments:

Post a Comment