Wednesday, February 20, 2019

Ada Apa Aja Di Acara Hijab Celebration Day 2019?


Hijab Celebration Day 2019

Halo hai Kawanii, siapa yang baru tau kalau setiap tanggal 01 Februari diperingati sebagai World Hijab Day atau hari hijab sedunia? Jujur ya, aku sih baru tau soal World Hijab Day ini gara-gara liat info di Instagramnya HIJUP tentang acara Hijab Celeberation Day 2019, acara ini digelar dalam rangka perayaan World Hijab Day tersebut. Terus, aku kepo deh tuh soal World Hijab Day, yang mana sebetulnya aku juga agak bertanya-tanya, kenapa pake hijab aja segala ada "perayaannya?"

Yang ternyata, tujuan dari gerakan atau movement World Hjab Day ini tuh bagus banget lho. Yaitu, untuk memberikan pengalaman bagi seluruh perempuan (Seluruh; Tidak berbatas agama maupun latar belakang) di dunia untuk mau mencoba memakai hijab dalam satu hari itu (01 Februari). Gerakan ini murni untuk kasih pengalaman ke orang-orang agar tau rasanya menggunakan hijab, juga untuk mendorong penilaian yang lebih positif lagi terhadap perempuan berhijab, terkhusus di luar negeri ya.

Kalau di Indonesia, Alhamdulillah, perempuan bisa menggunakan hijab secara bebas tanpa perlu takut dicurigai macam-macam. Tapi, kalau mengingat ceritaan tentang sulitnya berhijab di Indonesia waktu dulu (btw, aku ngga mengalami masa sulit ini, jadi tadinya ngga tau kalau dulu bahkan penggunaan jilbab sempat dilarang di Indonesia), rasanya pake hijab itu memang perlu dibikin "perayaannya". Terlebih, ngga semua orang dapat kemudahan buat berhijab, beberapa ada yang butuh perjalanan panjang dan berliku sebelum memutuskan untuk berhijab, bukan?

Hijab Celebration Day 2019

Aku sendiri termasuk yang dapat kemudahan soal berhijab. Aku bisa pake hijab seinginku, ngga ada yang larang, dan ngga ada juga yang nyuruh. Hehe. Bahkan aku awalnya pake hijab hanya karena males nyisir *errr tapi lama-lama jadi kebiasa dan ngerasa nyaman. Walaupun masih sering dilepas juga sih kalau di lingkuran rumah. Tapi, itu ngga menurunkan semangatku buat dateng ke acara Hijab Celebration Day 2019, itung-itung buat kasih dukungan ke sesama muslimah di seluruh dunia. Selain memang, acaranya juga cukup menarik buat didatengin. Jadi, ada apa aja di acara Hijab Celebration Day 2019? Baca terus ceritaku sampai habis yhaa~

HIJAB CELEBRATION DAY 2019


Hijab Celebration Day 2019

Seperti yang udah aku tulis di awal, Hijab Celebration Day merupakan acara tahunan yang digelar oleh HIJUP dalam rangka perayaan World Hijab Day. Memasuki tahun kedua diselenggarakannya acara ini, HIJUP bekerjasama dengan Islamic Nexgen Fest milik Kementerian BUMN untuk menginspirasi muslimah millennials agar dapat terus mengembangkan diri. Selain sebagai bentuk syiar untuk mengajak muslimah agar tetap produktif, kegiatan ini juga turut berperan dalam mendukung kemajuan industri halal Indonesia melalui pemaparan yang disampaikan Ibu Rini Soemarmo, selaku Menteri BUMN.

Diajeng Lestari (CEO HIJUP), juga menyampaikan,
"Sebagai rasa syukur kita semua yang lahir dan tumbuh di negeri multikultur dan demokratis ini, dengan berbagai kemudahan untuk mendapatkan produk-produk halal serta akses untuk beraktivitas dengan tetap mengenakan hijab dan sesuai syariat, HIJUP mengadakan Hijab Celebration Day. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para muslimah untuk terus berkarya dan produktif yang selaras pula dengan campaign HIJUP, yakni #EmpowerChange. Hal utama pada kesempatan kali ini adalah menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan ekosistem industri halal yang diawali dengan sektor fashion muslim."
Bertempat di Bintaro Xchange Park, acara Hijab Celebration Day 2019 berlangsung selama sehari penuh pada tanggal 17 Februari 2019. Acara dimulai dari sejak pukul 6 pagi, diawali dengan Fun Run 5K dan juga Family Run 3KAku sebetulnya dari awal udah niat mau ikut Fun Run, udah siap-siap mau pake baju olahraga muslimah dari Noore sport juga.

Hijab Celebration Day 2019

Tapi, karena H-1 aku masih kerja sampai larut, jadi ngga memungkinkan buat sampai di Bintaro sebelum jam 6 pagi. Ngga memungkinkan juga buat berangkat lebih awal ke Bintaro, padahal kusudah booking hotel dekat sana lho, huhu. Alhasil, selain melewatkan acara Fun Run, aku juga melewatkan acara epic aerobic-nya. Hilang sudah kesempatan buat dapetin manfaat olahraga dari acara ini. Hiks.

Untungnya sih, aku masih kebagian nonton aksi panggungnya RAN. Cukup terhibur bangeeet sama performnya mereka. Btw, ini kali pertama aku nonton RAN secara langsung kaya gini. Seru banget ternyata, wkekeke. Tapi yaaa aku kalah antusias sih kalau dibanding dedek-dedek emesh yang standby depan panggung mah :v

Hijab Celebration Day 2019

Setelah aksi panggung dari RAN, acara dilanjut dengan interactive talkshow yang menghadirkan Diajeng Lestari (CEO HIJUP), Diandra Gautama (Automotive Influencer), dan Rachel Venya (Entrepreneur & Influencer). Ketiganya sharing tentang bagaimana perjalanan awal mereka berhijab. Tentu, ketiganya punya cerita yang berbeda, tapi semua ceritanya sama-sama menginspirasi banget!

Pertama ada Mbak Diajeng Lestari, yang sharing awal berhijab, dan sempat dikira lagi punya masalah besar bahkan sama gurunya sendiri di sekolah. Juga pernah sempat diragukan keteguhan berhijab saat masuk dunia kerja, karena pada masanya orang berhijab masih lekat dengan pandangan tidak modis apalagi fashionable. Ya zaman dulu mah emang masih susah kan nyari referensi gaya berhijab, kalaupun ada, masih sulit aksesnya.

Hijab Celebration Day 2019

Nah, kesulitan yang dialami Mbak Diajeng dalam berhijab justru jadi pemicu lahirnya HIJUP.com sebagai islamic fashion e-commerce pertama di dunia. Kereeen banget yak! Jadi tuh motivasi awal Mbak Diajeng mendirikan HIJUP adalah, agar orang bisa feel good saat mengenakan hijab, juga agar orang-orang semakin mudah dapetin referensi gaya berhijab. Dengan pemilihan hijab yang pas dan padu padan baju yang tepat, bisa mendorong orang untuk lebih percaya diri lagi saat berhijab.

Berbeda dengan cerita Mbak Diandra Gautama yang dulunya seorang pembalap dan mantan presenter otomotif. Menurut Mbak Diandra, salah satu hal penting dari proses hijrah adalah LINGKUNGAN YANG BAIK.

Hijab Celebration Day 2019

Mbak Diandra bersyukur berada di lingkungan pertemanan yang baik, yang satu sama lain saling mengajak dalam hal kebaikan. Meskipun, awalnya Mbak Diandra juga sempat ragu karena khawatir karirnya di dunia otomotif akan terhenti saat memutuskan berhijab. Yang ternyata, malah sebaliknya, karirnya di dunia otomotif justru semakin berkilau sejak Mbak Diandra berhijab. See? Hijab ngga pernah membatasi ruang gerak perempuan selama tetap berada di koridor syariah, kan.

Sementara itu, Bunanya Xabiru alias Rachel Venya juga punya cerita yang ngga kalah inspiring. Menurut ceritanya, Rachel ini sering banget ngerasa dikecewain sama manusia, baik itu keluarga ataupun sahabat. Sampai akhirnya, lewat sahabatnya Rachel semacam diingetin bikin dia "sadar" kalau satu-satunya yang gak akan ngecewain itu ya cuma Allah, jadi jangan pernah berharap sama manusia, berharapnya cukup sama Allah aja. MasyaAllah.

Screencapt dari instagram @rachelvennya
Ceritanya Rachel jelas-jelas mendukung pernyataan Mbak Diandra sebelumnya tentang lingkungan (dalam hal ini pertemanan) yang baik. Dan waktu menyadari kalau Rachel berada di lingkungan pertemanan yang baik, aku jadi ikut senang aja. Alhamdulillah. Rachel juga sempat bilang, kalau saat ini dia belum bisa bilang udah berhijab 100% tapi kalau hijrah, iya.

Ohya, awalnya Rachel juga sangat ragu buat pakai hijab karena merasa belum baik, belum rajin sholat, dan sebagainya. Tapi temannya ngingetin, kalau pakai hijab itu ngga harus nunggu jadi baik dulu, insyaAllah nanti yang baik-baik itu akan ngikutin. Yang ternyata kebukti bener, setelah berhijab Rachel jadi terdorong buat terus melakukan kebaikan-kebaikan :) Segala sesuatunya emang butuh proses ya, termasuk juga hijrah. Yang pasti, dengan berhijab perempuan tetap bisa menjadi diri sendiri, tentu menjadi diri sendiri dengan versi yang lebih baik dari sebelumnya.

**Btw, aku bukan fansnya Rachel yak, bukan salah satu followersnya juga (tapi videonya Xabiru sering nongol di explore ig. Wekeke), tapi aku suka sama semangat hijrahnya. Mudah-mudahan istiqomah ya^^ (seolah-olah dia akan membaca pesan ini. Wkwk).

Selesai acara talkshow, waktunya break siang. Dan ini adalah waktu yang tepat buat tau lebih banyak ada apa aja di acara Hijab Celebration Day 2019. Pertama-tama, aku ke bagian sayap kiri panggung, di sana ada stand HIJUP dan persis di sebelahnya ada stand Noore sport.

Hijab Celebration Day 2019

Kebetulan lagi pengen cari-cari baju olahraga muslimah gitu, buat sepedaan wacananya sih, wkeke. Karena atasannya aku udah punya, tinggal cari celana olahraga wanita sama hijab sport aja sih nih. Aku suka produknya Noore ini karena bahannya bagus dan nyerap keringat. Tapi aku kemarin baru liat-liat aja sih, belum beli. Gampanglah kalau mau beli tinggal cuzz ke HIJUP.com, yes.

Ngga jauh dari main stage, juga ada Nussa Corners, dari aku dateng stand udah rame banget sama anak-anak. Jadi, kalau di main stage ada music performance dan talkshow, di Nussa Corners ada kegiatan mewarnai buat anak-anak, ada sesi dongeng dari Ayo Dongeng Indonesia, ada sesi cerita nabi juga sama Ustad Cahyo, juga ada kegiatan bernyanyi bersama NUSSA. Di sebelahnya, ada area kids playground juga lho. Lengkap banget!!

Hijab Celebration Day 2019

Hijab Celebration Day 2019

Hijab Celebration Day 2019
Kids Playground
Buat area jajanan, diisi sama berbagai jajanan yang menggugah selera. Selain itu, bisa jadi bahan ide bisnis juga lho karena yang stand makanan mayoritas diisi sama UMKM Millennials, yang udah pasti makanan yang dijual juga makanan-makanan yang disukain sama generasi Millennials. Aku liat ada dimsum, ada sate-satean, ada pentol jugak! Bikin ngilerrr semua. *glekk

Hijab Celebration Day 2019

Hijab Celebration Day 2019

Hijab Celebration Day 2019

Puas mengulik ada apa aja di acara Hijab Celebration Day 2019, aku pun bergegas kembali ke Bogor karena hari udah mulai sore. Sayang sih sebetulnya, karena sesi talkshownya masih menarik buat diikutin, juga malamnya bakal ada perform dari Vidi Aldiano, tapi apa daya deh, rumah masih jauh, jendral! Hehe. Yang jelas, seneng bangeeet bisa dateng ke acara Hijab Celebration Day 2019 ini. Kalau kubilang acara ini tuh padat bergizi banget, karena acaranya ngga cuma nawarin senag-senang aja, tapi juga bertabur ilmu yang bermanfaat.

Buat Kawanii yang kemarin belum berkesempatan buat datang ke acara Hijab Celebration Day 2019, semoga bisa ikut tahun depan yaaa^^

Biar ngga ketinggalan infonya, jangan lupa follow instagram @HIJUP atau bisa juga follow by hashtag di #hijabcelebrationday

Hijab Celebration Day 2019
Ada kripik Baper. Mau nyobain tapi takut baper :(( *anaknya mudah baper akutu
Hijab Celebration Day 2019

Hijab Celebration Day 2019
InsyaAllah ketemu lagi tahun depan ^_^

1 comment:

  1. hi mbak! thanks for the article. love it and thanks for coming! see you next time <3

    ReplyDelete