Thursday, February 21, 2019

Tentang Mimpi Receh Yang Harus Segera Terwujud!

Tentang Mimpi Receh Yang Harus Segera Terwujud!

Halo hai Kawanii, setelah sukses men-checklist mimpi receh ingin makan Mie Aceh di Acehnya langsung di akhir tahun 2017 lalu. Tahun ini, cita-citaku ingin menuntaskan 1 mimpi receh yang masih belum juga terwujud, yaitu makan Pempek Palembang di Palembangnya langsung. Hiks

Sebetulnya, sebelum bercita-cita ingin sampai di Aceh, aku lebih dulu ngebet ingin sampai ke Palembang. Tapi, kalau ke Aceh aku punya tujuan lain, yaitu ingin ke Sabang (ke titik 0 KiloMeter). Kalau ke Palembang, murni cuma mau nuntasin cita-cita yang udah aku cetuskan sejak bertahun-tahun lalu itu: makan pempek Palembang di Palembangnya langsung! Sungguhlah cita-cita receh yang wujudinnya ngga bisa pake receh sama sekali. Bisa sih mungkin, kalau recehnya segunung. WKWK~

Meskipun entah udah berapa banyak orang yang bilang, "Pempek di Palembang itu ngga seenak Pempek di Jakarta atau Bogor, Ran". Katanya, Pempek di Jakarta atau Bogor itu bumbu racikannya udah disesuaikan sama lidah orang Jawa. Hmm, kalau menurutku, perkara enak atau ngga enak ini cuma soal kebiasaan aja sih.

Yang kalo udah punya mau anaknya keuekeuh banget :p
Dan tentu, pernyataan ini ngga membuat aku mengurungkan cita-cita recehku, biarpun aku udah denger pernyataan itu ngga dari 1 orang aja. Justru, makin banyak yang bilang kaya gitu, malah semakin menguatkan tekadku buat segera mewujudkan cita-cita receh ini. Toh, aku ngga ada niat banding-bandingin rasa juga, cuma ingin tau aja, karena pasti feel-nya pas beda kalau makan makanan khas di kota asalnya tuh. *belom apa-apa kusudah ngiler duluan

Nah, sekitar bulan November 2018 lalu, kesempatan buat menjejak di Palembang hampir aja di depan mata. Waktu itu, blogger Palembang dan Dinas Pariwisata Palembang buka semacam famtrip gitu, mengundang blogger untuk diajak explore Palembang. Aku sungguh tertarik buat ikut, kalau ada barengannya kan seru ya, apalagi bisa explore Palembang ditemenin langsung sama wong Kito-nya, sayangnya tanggalnya ngga pas. Jangankan ikut seleksi, buat sampai tahap daftar juga ngga bisa karena tanggalnya ngga pas :(

Tapi, dari postingan teman-teman blogger yang dapat kesempatan pergi ke Palembang, sedikit banyak aku jadi punya beberapa referensi tempat yang ingin aku datengin buat Explore Palembang nantinya. Ya masa kan udah jauh-jauh ke Palembang, beneran cuma makan pempek doang, terus abis tu pulang lagi. Sayang bangetlah harga tiketnya muahaaal! Wkwk. Jadi kalau nanti ada kesempatan buat #VisitPalembang2019 ya harus dimaksimalin dengan baik.

Jadi, berikut 5 tempat wisata di Palembang yang ingin aku datangi nanti,

1. Al-Qur’an Al-Akbar


Foto milik: www.kelanaku.com
Lupa pertama kali liat tempat wisata religi ini waktu di share sama siapa, tapi kayanya udah banyak juga temen-temen blogger yang udah pernah ke sini. Sejak pertama kali liat di Instagram, langsung masukin tempat wisata yang satu ini ke wishlist Palembang. Ohya, Al-Qur’an Al-Akbar atau Al-Quran Raksasa ini merupakan Al-Qur’an ukir pertama dan terbesar di dunia lho. MasyaAllah! Mudah-mudah pas ke Palembang nanti beneran bisa ke sini. Aamiin.

2. Pulau Kemaro


Foto milik: wonderfulindo.luliner.ilkom.unsri.ac.id
Salah satu destinasi wisata religi yang jarang aku lewatkan setiap kali bertandang ke kota manapun adalah Klenteng. Entah kenapa, suka aja. Padahal, Klenteng kan kurang lebih sama aja ya bangunannya mau di kota mana juga, tapi kan setiap Klenteng punya sejarah dan cerita yang berbeda, jadi ya menarik aja buat didatangin.

Nah, pas tau di Palembang, tepatnya di Pulau Kemaro ini ada bangunan Pagoda, ya otomatis langsung masuk ke wishlist juga. Belum pernah nih soalnya kalau ke Pagoda. Pun katanya, nuansa di Pulau Kemaro ini lekat banget sama Nuansa China. Dan ornamen dan suasananya. Wah! Harus bangetlah ke sini, sebelum bisa ke China beneran, hehe.

3. Jembatan Ampera


Foto milik: www.satyawinnie.com
Bisa dibilang Jembatan Ampera ini salah satu icon atau lambang Kota Palembang. Letaknya yang memang berada di tengah-tengah Kota Palembang, berdiri gagah di atas Sungai Musi, dan jadi penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Kayanya, belum ke Palembang kalau belum ke Jembatan Ampera ini yah. Jadi, wajib juga lah masuk ke wishlist Palembang.

4. Martabak HAR


Selain Pempek, makanan yang wajib buat aku coba saat ke Palembang nanti udah pasti martabak HAR ini. Setiap kali foto martabak HAR ini lewat di timeline, rasanya langsung bikin *glekk aja. Bayanginnya aja kok kayanya enak makan martabak pakai kuah kari. Udah gitu, di Martabak HAR juga ngga cuma jual martabak, tapi ada berbagai macam makanan khas Palembang lainnya, kaya Mie Celor dan juga da Pempek. Jadi gausah bingung lagi mau makan pempek di mana, di sini aja sekalian.

5. Masjid Agung Palembang


Ini nih salah satu tempat yang juga ngga boleh terlewat buat didatengin kalau nanti ke Palembang, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I atau lebih dikenal dengan nama Masji Agung Palembang. Masjid yang pernah menjadi masjid terbesar se-Indonesia ini gaya bangunannya dipengaruhi 3 kebudayaan lho, yaitu kebudayaan Indonesia, China, dan juga Eropa. Terletak di tengah-tengah Kota Palembang, lokasinya pasti ngga jauh nih dari jembatan Ampera. Malah katanya ngga jauh juga dari Martabak HAR. Berarti wisata di Palembang ini jaraknya dekat-dekat aja kali ya? Duh jadi tidak sabar nihh :D

Daftar 5 tempat wisata di Palembang yang ingin aku datangin udah ada, tinggal eksekusi aja nih mau kapan dan sama siapa berangkatnya. Kalau urusan transportasi sih udah gampang banget, bisa pilih naik pesawat dari Soetta atau bisa langsung naik bis aja dari Bogor ke Palembang, harga tiketnya jelas lebih murah kalau naik bis, cuma lama doang nyampenya. Wkekeke.

Foto dari: www.pinterest.co.uk
Kalau buat teman-teman yang ada di Jogja, bisa banget juga ke Palembang naik bis. Tinggal beli Tiket bus Putra Remaja di Traveloka. Btw, aku baru tau masa kalau sekarang di Traveloka bisa beli tiket bis. Ke mana aja oyy, Ran :3 Selama ini mah kalau naik bis, beli tiketnya langsung di loket aja, sekarang udah bisa beli online juga. Jadi lebih gampang dan ngga perlu takut keabisan tiket ya kalau gini tuh, sukaak!!

Ohya, Kawanii ada rekomendari tempat wisata di Palembang lain atau tempat makan pempek yang enak di Palembang ngga? Kalau ada, boleh banget lho share di komentar yaaa. Ditunggu. Hatur nuhun^^

2 comments:

  1. yuk makan mpek2 di Palembang Mbak. Impiannya ngk receh kok heheheh

    ReplyDelete
  2. Mimpi awal dari kenyataan, mimpi receh yang segera akan terwujud amin. Menarik tulisan nya . Salam kenal kak.

    ReplyDelete