Friday, March 27, 2015

[Curhat] Kisah Kenangan Bersama Lumi

Xperia Tipo dan Evercoss C5
Tipo sama Evco

Dear Kawanii, sebel gak sih kalau lagi asik-asik buka aplikasi terus tiba-tiba muncul tuilisan 'force close'? Aku, seriiing banget ngalamin itu bareng si Tipo, Hp android merk Sony yang aku beli tahun 2012 lalu. Malah waktu pertama kali pegang Hp ini, gegara ngga tahu apa-apa, aku sampai rela jauh-jauh ke service center Sony di Cibubur, udah gitu bayar pula! Padahal harusnya masih garansi (Ceritanya pernah aku tulis di sini).


Baru kemaren ini aja aku tau kalau ternyata, masalah dari Hp ini tuh karena Ram-nya kecil, makanya sering banget force close atau nutup paksa aplikasi. Kalau yang ngerti sih, biasanya di-root, tapi yah aku mah apa atuh, ngga ngerti kaya gituan, hiks. Dengan alasan yang agak maksa itu, akhirnya aku mutusin buat beli hp baru. Terus sambil mikir, mungkin ini waktunya buat nuntasin keinginan nyobain windows phone di Hp Lumia, kaya yang pernah aku tulis di sini *hehehe
user experience lumia 925
Photo dari windowsphone.com
Kenapa harus Windows Phone (WP) ? Yaa, pingin cari suasana baru aja sih, soalnya agak bosen kanan-kiri liat orang hp-nya kebanyakan android. Sama kaya waktu BB lagi booming, aku belinya android. Makanya pas banyak orang pake android, aku jadi pingin pindah ke WP. Kalau nanti WP booming, aku ngga tau deh mau beli apa lagi *hopeless. Tapi sampai sekarang sih masih betah sama WP :p

Udah jadi tradisi, tiap mau beli Hp pasti aku mondar-mandir googling dulu, sambil baca spesifikasi yang aku ngerti aja. Pilihan pasti sih jatuh sama Nokia Lumia, cuma September 2014 itu keluaran terbarunya Lumia 930 yang harganya jauuuh banget dari budget aku. Sekalinya ada yang aku suka, dari spesifikasi sampai perkiraan harga, tapi sayang Hp itu baru lahir banget! Dan ngga tau kapan pastinya bakal beredar di Indonesia. Makin hari makin galau lah aku dibuatnya.

Dengan didorong rasa sok tahu dan ngga sabaran, akhirnya aku pergi ke satu Mal dan menemukan sesuatu yang menyenangkan! Lumia 925 yang aku liat harganya di toko online masih sekitar 4jutaan, di sini dijual seharga 3jutaan aja, ngepas banget sama budget aku waktu itu. Yang kece dari Hp ini adalah kameranya punya fitur Pureview, yang udah pasti hasil fotonya bakal okee banget!. Terlebih aku juga suka desainnya, biarpun baterenya itu type non-removable, ngga masalah deh pokoknya.
Si lumi
Saking senengnya, aku malah lupa ngecek lebih detail dari Hp ini, langsung oke aja dan bayar, baru kemudian diinstal OS windows versi baru (waktu itu versi barunya Cyan). Baru beberapa jam setelahnya aku menyadari satu hal, kalau Hp ini cepet banget panas. Emang sih namanya smartphone akan cepat panas kalau dipake buat buka aplikasi terus-menerus, tapi yang ini panasnya tuh kaya ngga wajar gitu, panas banget!!
Mungkin kalau dipake buat ceplok telor juga mateng *lebaaai. Setelah googling [LAGI], ternyata banyak juga yang bilang kalau Hp ini emang cepet panas. Tapi kok sebelum-sebelumnya aku ngga nemu fakta yang satu ini yah? Kurang jeli ternyata aku ini. Tapi meski kaya gitu, di sisi lain aku tetep aja seneng bukan main punya 'mainan' baru, sampai rela keluar uang lagi buat beli softcase-nya. Sekalian biar pas dipegang ngga terlalu kepanasan, lama-lama jadi mikir sih, ini Hp apa kompor listrik *abaikan.

Sampai akhirnya, beberapa minggu kemudian, pas lagi mau datang ke suatu acara, terancam telat dan masih di kereta sambil WA-an, tiba-tiba aja itu Hp gelap! Wohoo, panik? Jelas! Udah coba soft-reset tetep ngga bisa, pas sampai tempat acara nyoba di-charge juga tetep ngga bisa. Nyerah, besoknya langsung aku bawa ke Nokia Care yang ada di BTM. Singkat cerita, itu Hp di-opname sekitar dua mingguan *kalau temenan di facebook pasti tau pas masa-masa ini, hihi*
pengalaman service si lumi
Karena aku orangnya agak parnoan, aku selalu ngerasa takut kalau si Lumi ini bakal mati total lagi kaya tempo hari. Manalagi, persoalan cepet panasnya ini juga belum ilang, mungkin emang bawaan Hpnya kaya gitu kali yah. Entahlah, satu hal yang pasti terlintas adalah jual aja! Ditambah seri Lumia yang udah aku soktahu-in bakal masih lama beredar di Indonesia itu, ternyata.. release dong di awal November 2014, harganya sama pula! Gleeek banget kan.. Kalau diceritain betapa nyesel dan galaunya aku waktu itu, bisalah jadi satu postingan lagi *saking panjangnya.

Setelah melewati pemikiran panjang sampai curhat ke beberapa orang, dan gak lupa menghitung budget ekstra yang harus aku keluarin kalau Hp ini terjual dengan harga paling rendah. Sebutlah, terjual 2.500.000 artinya aku harus nambahin 500.000 buat beli Hp lagi. Di situ kadang saya merasa sedih SABAR itu harganya MAHAL! Coba dua bulan lalu masih sabar, kan ngga akan keluar uang lagi. Tapi buat apa juga disesalin berlarut, toh aku juga udah ngerasain seneng-seneng kok sama si Lumi. Bisa seru-seruan welfie sama temen-temen waktu main ke Pura *mulailabil.
Dua kali ke pura bawa lumi
Tentu aja jual hp itu bukan suatu hal yang mudah, yaa ngga kaya jualan pulsa sih yang pasti! haha.
Lagi-lagi kalau diceritain proses jualnya, bisalah satu postingan lagi, tapi karena 'sadar' akhirnya aku pasrah aja. Ya kalau kejual syukur, kalau ngga kejual, yaudah pasrah aja pake si Lumi yang super HOT itu.

Sampai akhirnya, ada juga yang ngajak COD-an seminggu setelah pasang iklan di berniaga.com, dan langsung deal! Yeaaah, rejeki anak sholehah! Alhamdulillah yang belinya juga ngga rewel, cuma cek-cek sebentar, dan sepakat diharga 2,6. Langsung seneng tiada taraa deh pokoknya! Gimana engga, Hp idaman udah di depan mata :))

20 comments:

  1. Enaknya bisa ketemu sama pembeli yang gak banyak bawelnya. Berarti bakalan punya Hp baru lagi nih....

    ReplyDelete
  2. Wah aplikasi yang ada di SAMSUNG S5 saya tidak ada masalah. Jarang ada keterangan "force close'" sih. Tapi kalau NO CONNECTION sih sering. Setelah dicek eaaaaaaa malah paket internet nya sudah habiss Heiheihiehiehe Eaaaaaaaaaaaaaaa malah curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihihi, yaa jelas jauh bedaa kang, S5 kan Ramnya aja 2 GB pastinya muluus :D

      Delete
  3. hasil jepretan si lumi lumayan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. segitu dari kamera depan yg cuma 1,2 Mp aja, kamera depannya lebih oke..

      Delete
  4. cepet juga ya proses jualnya Ran

    ReplyDelete
  5. Mba keluhannya sama kayak hp punya saya ram hp saya juga kecil makanya sering "paksa tutup" dari aplikasi itu. Oh god, ngenes banget deh kalau lagi buru-buru eh aplikasinya malah ga bisa digunain >:) kzl...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks, iyaa banget..
      kebiasaan dulu kalau beli hp suka ngga merhatiin Ram, jadi asal beli aja taunya yaa begitu..

      Delete
  6. hasil jepretan nya maknyus, 3 postingan masih bisa kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kebanyakan sama curhatnya nanti *ehh sekarang juga udah banyak sih :D

      Delete
  7. Semoga enggak cepat bosan dengan HP barunya :)

    ReplyDelete
  8. wah harganya lumi masih lumayan tinggi ya...

    ReplyDelete
  9. Punya saya l925 pas os nya di cyan mmg terasa kyk kompor mbak. Tp stlh update denim ada sih panas tp cuma dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh, pengaruh dr OS juga tooh?
      oalaah, saya ngga tahu, kirain bawaan hpnya kaya gituu.. plus parno juga sama LCD-nya, makanya tak jual aja hehe

      Delete