Thursday, March 15, 2018

d'Hot Music Day 2018: Cara Asyik Rayakan Hari Musik Nasional

d'Hot Music Day 2018

Halo hai Kawanii, Jumat lalu, tetiba aja diajakin Uni Dza buat datang ke acara d’Hot Music Day 2018. Entah ada angin apa, seorang Uni Dza ngajakinnya nonton konser wkwk. Aku yang kebetulan lagi free (bukannya situ emang free tiap hari, Ran? :v), akhirnya memutuskan buat ikut. Lumayan lah buat penyegaran. Lagian, udah lama juga gak pernah nonton konser musik live. Selama ini anteng bikin konser sendiri di pojokan kamar soalnya. Wkekeke.

Bertempat di Kuningan City Mall, Jakarta. Hal pertama yang aku syukuri adalah, acaranya indoor! Jadi Ay gak perlu panas-panasan *sokmanjah Eh, tapi beneran sih, soalnya gak kebayang juga kalau outdoor, karena acaranya ini bakal seharian, dari pagi sampai malam, 11 jam FULL! Wohooo~ Jadi gengs, d’Hot Music Day ini serupa acara tahunan yang digelar sama Detikcom, tahun ini masuk tahun ke dua, dalam rangka perayaan Hari Musik Nasional. Dan bodohnya, aku malah baru tau kalau setiap tanggal 09 Maret itu diperingati sebagai Hari Musik Nasional :| (Ai, kamu ke mana aja atuh, Ran?)

d'Hot Music Day 2018

Hmm, berarti pilihan yang sangat tepat dong ya aku dateng ke acara d’Hot Music Day 2018 ini. Terima kasih banyak Uni udah ajakin! Sebagai, salah satu pecinta musik Indonesia yang 80% isi playlist di HP-nya musik Indonesia zaman dulu semua tentulah aku senang dan bangga bisa turut hadir di hajatan besarnya para musisi Indonesia. 

Terlebih, lewat acara ini aku juga jadi bisa upgrade pengetahuan dan jadi tahu lebih banyak tentang perkembangan musik di Tanah Air *tsahhh Karena jujur aja, aku udah ketinggalan jauh soal update permusikan di Indonesia. Pengetahuan aku stuck aja sama musisi-musisi yang hits di tahun 2000an. Sekelas Ungu, Kerispatih, Ada Band, Jrocks, yang gitu-gitulah. Jadul banget gak sih? HAHA.

d'Hot Music Day 2018
ONCI - VOLMAXX
Dulu tuh, aku inget banget, ngefans sama band UNGU. Hampir semua lagu-lagunya Ungu aku suka dan hafal. Terus kemarin, aku sempet shocked beberapa detik, waktu liat salah satu personel Ungu, tetiba ada di stage. Seneng banget, tapi campur kaget karena gak nyangka sama sekali. Rasanya, persis kaya ketemu gebetan yang udah lama dikangenin terus tetiba gak sengaja ketemu! Bahahaha. Yep. ONCI. Aku 'ngeh sih Onci sama Enda sempet punya side project, sejak Ungu "kehilangan" vokalisnya. Tapi aku gak notice sama sekali sama band-nya ini. Baru di d’Hot Music Day 2018 ini lah aku jadi tahu kalau nama band-nya VOLMAXX. Vokalisnya cewek, dan musiknya bergenre EDM yang asyik banget buat loncat-loncat, tapi aku malah mematung aja mandangin Onci :v

Tapi yang sedih, aku malah melewatkan performance-nya Fade2black hari itu. Padahal Fade2Black itu salah satu band yang aku tunggu-tunggu dari pagi. Huhu. Tapi liat sedikit rekamannya, dan denger komen kalau penampilan mereka sangat memuaskan, bikin sedihnya keobatin sedikit. Lagian, aku belom update pun sama lagu barunya mereka. Kan aku taunya, lagu-lagu mereka pas masih sama Bondan Prakoso aja. Tapi kusedih lagi, pas tau mereka sempat medley 3 lagu dulu sekaligus, Bunga, Ya Sudahlah, sama Kita Selamanya, sedih gak bisa ikutan nyanyi bareng. Tapi Yaa sudahlah ya, kali kapan-kapan bisa nonton konser live-nya mereka lagi. *AkuOptimis

d'Hot Music Day 2018
Vidi Aldiano
Dari semua musisi yang tampil, aku paling suka sama Vidi Aldiano. Aslinya aku bukan fansnya Vidi. Tapi, menurut aku, dia yang paling bagus sekaligus paling "ngeselin" interaksi sama penontonnya. HAHA. Jadi tuh, Vidi ngajak kita buat ikut nyanyi bareng, biarpun cuma dibagian heyaaa-heyaa-nya doang. Tapi, aku sangat suka penyanyi yang melibatkan penonton di aksi panggungnya, lebih bikin hidup suasananya. Yang bikin "ngeselin", waktu dia minta kita buat melambai-lambaikan tangan ke atas ala supporter acara musik di TV gitu. Terus aku dengan sukarela, bak terhipnotis, ngikutin aja yang Vidi suruh. Hancur sudah pertahanan diri, padahal setengah harian itu aku udah berusaha keras buat JAIM!!! HAHA.

Selain Vidi, aku juga suka sama performance-nya Kang Armand Maulana, gayanya gemesin banget! Selain Kang Armand, aku juga suka sama penampilan pasangan yang punya hashtag #TemanTapiMenikah ini, Yep! Ayudia & Ditto, selain suka lagunya, aku juga suka banget liat kekompakan pasangan ini di atas panggung. Bikin mau *ehhh bikin iri! :s

d'Hot Music Day 2018
Dengarkan Dia (Ayudia & Ditto)

d'Hot Music Day 2018
Kang Armand Maulana
Selain yang udah aku sebutin di atas, ada juga penampilan dari Hi Friday yang tampil sebagai band pembuka, disusul Ify Alyssa yang ternyata sekarang jadi penyanyi solo, yes? Aku taunya waktu doi masih sama Blink aja :D. Ada juga Angela Vero, Yakop, Nadia Fatira, Arditho Pramono (Ini mukanya enak di liat dan suaranya enak di denger gengs, kalian wajib kepoin! :v), Badai Romantic Project, iya, ini Badai-nya Kerispatih (btw, Kerispatihnya masih ada apa udah bubar, sih?). Tapi, btw, aku lebih suka om Badai sama Kerispatih, tapi tentu aja Kerispatinya yang masih Sammy. Hehe. Novita Dewi, Adrian Khalif, Rendy Pandugo (Kalo yang ini sih pasti udah pada tau, kan? Sok googling yak kalo belum tau. Dijamin Meleleh!! Haha) dan Zara Leola.

Eits, tenang, itu baru sebagian aja kok, belum semua. Karena, acara yang juga bisa ditonton lewat LIVE STREAMING di hot.detik.com ini, diisi oleh lebih dari 25 musisi Indonesia. Dan gak tanggung-tanggung, acara d’Hot Music Day 2018 ini juga turut menghadirkan para pejabat daerah dan menteri-menteri. Kemarin itu ada Pak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Pak Budi Karya (Menteri Perhubungan), Pak Hanif Dhakiri (Menteri Tenaga Kerja), Pak Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), yang ikut nyanyi bareng sama Geng Ojol feat Eka Gustiwana.

d'Hot Music Day 2018
NONARIA
Seperti kebanyakan acara musik lainnya, yang akan makin seru dan memanas kalau makin malem. Begitu juga acaranya d’Hot Music Day 2018 kemarin. Usai break isya’, stage langsung dibikin meriah dan heboh sama penampilannya trio band NONARIA, mengusung tema musik klasik, band yang isinya 3 personel cewek ini sukses ngasih kita sajian musik yang fresh, dengan lirik-lirik lagu sederhana tapi mereka kemas jadi jenaka dan sangat asyik buat dinikmatin. Kalau kalian penasaran, cari aja di youtube yaaa.

Setelah penampilan trio band yang berisi nona-nona, selanjutnya masih penampilan dari trio band juga, cuma ini isinya cogan semua alias cowok ganteng. Bhaahaha. Yep! The Overtunes, malam itu sukses sekali bikin histeris cewek-cewek. Aku rasa, ini band yang fansnya datang paling buanyaaak deh sepanjang hari itu. Soalnya berasa langsung penuh sesak gitu pas mereka perform. Daebaks! Eh tapi, selain mereka, ada juga deng yang sukses juga bikin cewek-cewek tersepona, ada Virzha!! Aku fans sama Virzha tapi kecewa banget karena nungguin doi nyanyi Aku Lelakimu, tapi malah ngga! Ini yang namanya #SakitTapiGakBerdarah Hiks. Hiks.

Ahya, sempat ada Mulan Jameela juga bawain lagu barunya. Tapi yang bikin suasana malam itu jadi petjah banget sih, gak ada lagi menurutku, penampilannya OM PSP alias Orkes Moral Pancaran Sinar Petromax udah yang paling DABEST!!! Jadi ini tuh band isinya, pra opa-opa (inget ya ini opa bukan oppa), aliran musiknya dangdut gitu sih, tapi dangdut berkelas. HAHA. Dan kalian harus tahu, di fase ini aku udah gak tau lagi naro malu di mana :v Sebelah Kak Melly pun, kita asyik aja joged-joged, nyanyi-nyanyi, diantara yang lain, kayanya kita berdua yang paling rusuh. WKWK. Asli itu, opa-opa bikin lupa diri sama lupa umur, euy!


d'Hot Music Day 2018
Yang malam itu paling heboh. OM PSP
d'Hot Music Day 2018
Geng OJOL feat. Eka Gustiwana
Makanya, pas Geng Ojol feat. Eka Gustiwana, perform, aku udah gak kagok lagi ikutan nyanyi (fals-fals deh nyanyinya :v). Geng Ojol ini personelnya asli dari abang Ojek Online lho, gabungan pun dari Gojek, Gran, sama Uber juga ada. Lagunya juga gak jauh-jauh lah liriknya dari persoalan Ojek Online, kaya lagu "Jangan Dicancel". Geng Ojol ini sempet kolab juga sama para Menteri, nyanyiin lagunya Pergi Pagi Pulang Pagi-nya Armada. Kita yang nonton? Jelaslah ikut nyanyi bareng jugak :D

Gak berasa, malam makin larut, tapi acaranya d’Hot Music Day 2018 malah makin seru! Sayangnya, karena harus ngejar kereta ke Bogor, jam 10 aku udah harus pulang. Sayup-sayup dari luar aku dengar grup band para menteri, Elek Yo Band lagi mau bawain lagunya Bento – Iwan Fals. Sungguh kalau gak inget pulang, rasanya pengin banget balik lagi. Lagu favorit kelewat. Duh! Eh tapi pas aku pulang tuh ya, masih ada penampilan dari Tanayu, NEV+ feat Dea, dan Bams, ex-vokalis Samson, yang bawain lagu Kenangan Terindah. Penutup yang sangat manis! d’Hot Music Day 2018 bener-bener jadi kenangan terindah perayaan Hari Musik Nasional tahun ini buat aku. Sampai ketemu di d’Hot Music Day 2019 yaaa!! Semoga permusikan di Tanah Air semakin maju, dan jangan lupa, stop beli musik bajakan ya, gengs!


d'Hot Music Day 2018

d'Hot Music Day 2018
The Overtunes

1 comment:

  1. Hi there! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new project in a community
    in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a wonderful
    job!

    ReplyDelete