Thursday, December 25, 2014

Care Visit Bareng Dompet Dhuafa Travel : Tentang Perjalanan



Siang itu, tetiba aja aku dapat whatsapp dari Mak Fadlun, seperti biasa, isinya pasti mengajak aku ke suatu event blogger, hehe. Tapi ada yang beda dari ajakan kali ini, karena ada acara nginep-nginepnya. Huaaa.. Rada susahkan perizinannya kalau nginep! Tapi beruntungnya, Mak Fadlun udah pernah main ke rumah sama beberapa blogger lain, jadi izinnya gak sesusah perjalanan waktu keUjung Genteng tahun lalu. Alhamdulillah, aku dapat izin, horaay!!
***
Mobil ELF dompet Dhuafa Travel

Sabtu(20/12) pagi, aku bangun lebih awal dari biasanya. Dari semalam aku udah pasang alarm hp sampai beberapa kali.  Jelas pesan yang aku terima melalui SMS itu berpesan pukul 06.30 aku harus sudah sampai di tikum (titik kumpul) Ciawi. Karena gak tau mau titip Mobi di mana, akhirnya aku pergi tanpa Mobi pagi itu *berasa ada yang ketinggalan deh.

Jam nyaris menyentuh angka 06.30 saat aku sampai di perempatan Ciawi setelah sekitar 3 kali harus berganti angkot *lapkeringet. Dan di sana, udah ada Mak Fadlun dan keluarga yang datang lebih dulu. Ada Farissa dan Faqih yang waktu itu masih malu-malu untuk aku ajak kenalan, iya meski sering ketemu Ibunya, ini kali pertama aku ketemu sama mereka berdua. Gak lama, datang Ka Desi, Ka Yuri sama Mak Dwina melengkapi kontingen Jawa Barat *pinjem istilah Mak Mutiah. Dan selang beberapa waktu, mobil jenis elf berwarna abu, yang akan membawa kami membelah jalan, sampai juga di bibir pintu tol Ciawi.
#carevisitcisolok welfie emak bogor
Aku - Ka Desi - Mak Dwina
Aku langsung mengambil tempat duduk dekat jendela, mobil elf yang aku naiki merupakan salah satu mobil dari Dompet Dhuafa Travel. Ohiya, aku belum cerita yah. Jadi, trip aku kali ini dalam rangka mengikuti salah satu program tahunan dari Dompet Dhuafa yang bernama care visit atau kunjungan kepedulian. Tujuannya sendiri agar para donatur yang ikut serta dalam acara ini, bisa mengenal dan melihat secara langsung kegiatan DD dalam program pemberdayaan. Kali ini, DD juga mengajak serta para blogger dalam kegiatan ini, dan aku bersyukur banget bisa jadi salah satunya. Kunjungan kepedulian tahun ini, DD mengajak kami mengunjungi Kasepuhan Adat Sinar Resmi yang ada di Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kab. Sukabumi dengan mengangkat tema pertanian.

Karena akhir pekan, jalanan lumayan padat, beberapa kali kami dihadang macet. Untungnya, mobil elf yang kami naiki itu nyaman banget, area kaki lumayan luas, udah dipake simpen tas ransel dan bawaan lain pun kaki tetep bisa selonjoran, AC-nya nyala terus, gak ada lah ceritanya kepanasan di mobil sekalipun kena macet. Cuma supirnya aja agak ‘hororr’ bawanya, karena nyaris beberapa kali ngerem mendadak -__-
Trip cisolok with dompet dhuafa travel
RM Cipta Rasa
Masuk waktu dzuhur, kami sampai di kawasan Pelabuhan Ratu, suasana waktu itu cenderung berawan. Rombongan menepi di sebuah warung makan bernama Cipta Rasa, dan saat turun, sudah ada beberapa orang dengan kaos bertuliskan Dompet Dhuafa (crew), tak lupa, beberapa hidangan makan siang sudah melambai-lambai manja minta di pindah posisikan ke piring-piring. Sementara, untuk mengurangi efek pegal duduk berjam-jam di mobil kita foto-foto dulu *lho heh? Ngaruh gitu ya?

Setelah dipersilakan untuk makan, aku pun dengan sigap mengambil piring, bukan apa-apa kesian aja sih itu hidangan udah melambai sampe lemes belum ada yang menyentuh juga, hihi. Aku mengambil nasi dengan ikan bakar sebagai lauknya, tentu sambel sama lalaban gak boleh ketinggal, sama satu lagi kerupuk ikan, nyamnyamnyam. Asli, sambelnya enak binggoo!
Makan siang di pelabuhan ratu
Marii makaaaan-
Rumah makan ini posisinya membelakangi laut, dan waktu aku jalan cari mushola, diujung sana ombak lagi asik kejar-kejaran *tapi bukan ngejar aku kok, santaii. Niatnya sih, dari mushola mau mampir sebentar yaa sekedar buat foto-foto, ternyata hujan datang duluan, yaudah dari mushola aku langsung melipir lagi ke rumah makan. Pura-pura cuek gitu sama laut padahal dalem hati pengen banget nyebur dan main ombak kaya Farissa sama Faqih, hiiks.

Sekitar jam setengah 2, kami meneruskan perjalanan. Panitia memberi petunjuk bahwa jalan yang akan dilalui agak curam, apalagi kali ini hujan turut serta menemani *tsaah jadi kami semua berdoa bersama menurut keyakinan masing-masing. Tapi entah kenapa di beberapa jalanan yang menurun, kami malah serasa lagi naik salah satu wahana dufan, ceritanya belum bisa move-on dari dufan tempo hari.

Pemandangan sebelum memasuki kawasan kasepuhan sinar resmi

Kasepuhan sinar resmi cisolok sukabumi
Sisa sisa air hujan
Memasuki kawasan pegunungan, dan semakin mendekati tempat tujuan, kita dibuat terpesona sama keindahan alam yang terlihat jelas dari kaca mobil. Subhanallah, indaaah banget! Rumah-rumah penduduk yang masih khas, dengan sekat-sekat pagar alamnya, serasa liat lukisan versi nyata! Alhamdulillah, kita sampai juga di Kasepuhan Sinar Resmi...

kasepuhan sinar resmi
Wilujeung Sumping di Kasepuhan Sinar Resmi





Gimana keseruan aku selama di sana? Tunggu di tulisan berikutnya yaaa... *bersambung

Sambungan cerita => Care Visit Bareng Dompet Dhuafa : Acara Sambutan

16 comments:

  1. woow.. ternyata masing-masing nyumbang dua artikel yaa.. seruuuu!

    ReplyDelete
  2. wah, asyiknya yang dapat undangan seperti ini, bisa melihat kegiatan Dompet Dhuafa secara lebih dekat. Ditunggu postingan selanjutnya, Mak! :)

    ReplyDelete
  3. weis, seru banget pastinya, paket acara nginep segala ya, Mak. Ditunggu lanjutannya. :)

    ReplyDelete
  4. Haii tante binggo ditunggu postingan selanjutnya,kayanya bisa 3 postingan ini.baru cerita berangkat huhii

    ReplyDelete
  5. horray raniyy jalan" lagid ehh kece amit bareng DD hehe

    ReplyDelete
  6. Wah mba Ani ternyata selera kita sama ya. IKAN BAKAR
    Saya sudah lama menggemari Ikan Bakar. Rasanya minimal 1 kali nyantap Ikan Bakar minimal 1 kali dalam sebulan. Sambelnya pake sambel kecap bawang merah. Wowwwwwwwwwwwww asyeeeeeeeeeeeeeek

    ReplyDelete
  7. serunya itu gak bisa move on dari dufan ya ran, hihi

    ReplyDelete
  8. makin banyak acaranya ya mbak,seru banget bareng2 sama blogger lain..

    ReplyDelete
  9. Wilujeng tepang deui Rani :) punten nembe tiasa mampir deui

    ReplyDelete
  10. wiiih, mantep jalan" tapi tetap berbagi informasi juga di blog :)

    ReplyDelete
  11. Menunggu sambungannya...boleh bawa anak ya mba??

    ReplyDelete
  12. Seruuuuu... Nunggu yg ngakak jalan lagi :)

    ReplyDelete
  13. pengen rasanya jalan-jalan ke tempat tradisional, daerahnya indah banget ya mbak.

    ReplyDelete
  14. wah asik banget mbak, kapan-kapan ajak aku ya *ngarep* hihi

    ReplyDelete
  15. Asyik banget... tempatnya juga adem dan asri gitu ya. Kapan2 ikutan ah.

    ReplyDelete
  16. Masih asri gitu ya tempatnya. Pasti adem banget. Adem udara, adem ati :)

    ReplyDelete