Thursday, May 31, 2018

Alasan Kenapa Anyang-Anyangan Ngga Boleh Disepelein


Halo hai Kawanii, dulu, aku tuh hobi banget yang namanya nahan pipis. Ngga tau kenapa ya, kaya kebiasaan gitu aja kebiasaan malas. Terus lama-lama, suka kerasa perih pas pipis dan perut bagian bawah juga kerasa sakit. Kata Ibu, itu akibat keseringan nahan pipis. Orang Sunda bilang sih, jeungjeuriheun. Yang belasan tahun kemudian, baru aku tau kalau jeungjeuriheun itu adalah anyang-anyangan dalam bahasa Indonesia.

Dari situ, aku kapok. Ngga pernah lagi yang namanya nahan-nahan pipis. Kalau lagi di jalan, aku bisa banget sengaja berenti ke Indomart cuma buat numpang ke toilet, atau ke SPBU, Masjid, atau kalau mentok banget mah numpang di warung juga jadi.

Nah, aku pikir, setelah ngga pernah lagi nahan pipis, aku bakal terhindar dari yang namanya jeungjeuriheun itu. Ternyata tidak sodara-sodara! Sampai dewasa ini aku masih lumayan sering kena anyang-anyangan. Yang paling sering berasa itu, ngerasa pengin pipis terus-menerus tapi yang keluarnya cuma dikiit aja, bikin capek bolak balik kamar mandi. Huft. Kadang disertai rasa perih pas pipis, atau juga sakit di bagian perut bawah.

Setelah aku cari tau lebih jauh, ternyata anyang-anyangan ini ngga bisa disepelein lho ya! Aku pikir tuh, ini sakit yang bakal sembuh dengan sendirinya. Selama ini emang ngga pernah diobati atau sengaja ke dokter buat periksa sih. Suka kerasa sembuh dengan sendirinya.

Kenapa anyang-anyangan ngga boleh disepelein? Karena anyang-anyang merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius, yaitu Infeksi Saluran Kemih (ISK). Tapi, ngga semua yang anyang-anyangan itu udah pasti kena ISK kok. Biasanya kalau ISK ada gejala lain yang menyertai seperti, adanya nyeri dibagian panggul pada wanita dan dibagian anus pada laki-laki, urine berbau menyengat, merasa lelah dan kurang semangat, juga disertai dengan adanya demam. Duh, kalau ada gejala-gejala ini mending langsung cepet-cepet ke dokter deh, ya.

Aku sendiri masih bertanya-tanya, kenapa kok masih aja kena anyang-anyangan padahal udah ngga pernah lagi nahan pipis. Ternyata, penyebab anyang-anyangan itu ngga cuma gegara sering nahan pipis, tapi juga karena KURANG MINUM. Yhak. Ini banget sih kayanya yang jadi penyebab utama, kenapa kok susah banget ya ngilangin kebiasaan kurang minum ini :(

Selain itu, ternyata kebersihan toilet juga menentukan. Selama ini, aku emang ngga rewel amat sih soal toilet umum, cenderung cuek malahan. Padahal, kalau toiletnya kurang bersih, otomatis jadi banyak bakteri ya. Dan aku baru tau 1 fakta lagi, kalau ternyata, 80% kasus anyang-anyangan itu disebabkan oleh bakteri yang bernama E. Coli. Yaampun jahat banget sih ini bakterinya. Nackal yaaa >.<

Tapi untungnya, beberapa hari lalu, aku sempat hadir di acara Blogger Gathering Uricran yang diadakan di Harris Hotel Kelapa Gading. Dengan acara utamanya yaitu, talkshow bareng salah satu dokter pengisi acara Dr. Oz Indonesia, yaitu, Dr. Boy Abidin, SpOG (K).

Blogger Gathering Uricran
Photo milik @BloggerPerempuanNetwork
Dr. Boy kasih tips untuk penggunaan toilet umum yang berguna banget buat aku yang lumayan sering pakai toilet umum. Tipsnya adalah, selalu bawa tisu (ini aku udah sering bawa kalau ngga kelupaan *gubrakk), untuk penggunaan air, ngga disarankan pakai air yang udah ditampung di ember, tapi lebih baik ambil air dari keran, atau lebih bagus lagi bawa sendiri aja pakai air mineral, dijamin lebih bersih, yes!

Dan, sesepele urusan membasuhnya pun juga harus tepat dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. Buat penggunaan tisunya juga jangan sembarang ya, jangan yang kualitasnya kurang bagus, karena bsia berakibat ada lipatan-lipatan tisu yang tertinggal di area genital, bahaya.

Jadi, selain nahan pipis, KURANG MINUM (sengaja dicapslock :v), dan kurang bersihnya toilet dan air yang digunakan, penggunaan tisu dan pantyliner yang ngga tepat, diabetes, dan kehamilan juga bisa jadi penyebab terjadinya anyang-anyangan, atau dalam taraf yang lebih parah, terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK) itu.

Pada Ibu hamil, gejala ISK lebih ngga bisa disepelekan lagi. Karena, apabila ISK ini terjadi pada Ibu hamil sangat beresiko tinggi pada keselataman janin. Bisa mengakibatkan, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, preeklampsia, hipertensi, gagal ginjal, dan bahkan kematian janin. Duh. Kok ngeri ya ini efeknya.

Photo milik @BloggerPerempuanNetwork
Makanya, menjaga kebersihan organ intim merupakan hal yang wajib dilakukan sama semua wanita. Karena, organ intem wanita itu punya 3 fungsi penting, yaitu fungsi keluarnya darah menstruasi, fungsi seksual, dan juga fungsi melahirkan. Apabila, tidak dijaga dengan benar, akan berakibat buruk untuk salah satu bahkan keseluruhan fungsinya. Yoks! Mulai modifikasi pola hidup biar ngga kena ISK. Yang udah pernah kena ISK, jangan sampai deh kena berulang ya. Karena sekitar 25% wanita mengalami ISK berulang.

Eh tapi, ini ngga cuma berlaku buat wanita aja lho. Walaupun 50-60% ISK dialami oleh wanita, tapi laki-laki juga ada kemungkinan kena ISK, dan ngga cuma kena orang dewasa, anak-anak juga ada yang kena ISK. Cek gejalanya di sini >> Kenali Gejala Dini ISK Pada Anak.

Selain menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga kebersihan organ intim, mengkonsumsi ekstrak cranberry juga bisa membantu mencegah terkena Insfeksi Saluran Kemih. Kenapa Cranberry? Karena cranberry mengandung senyawa Proantocyanidin (PAC), yang merupakan jenis tannin yang terkondensasi, bahan aktif dalam cranberry yang bisa menghambat perlekatan bakteri E. Coli di sel epitel saluran kemih.

Untuk pengobatan, juga lebih disarankan menggunakan ekstrak Cranberry dibanding antibiotik karena jelas tidak menimbulkan resiko resistensi antibiotik. Lebih bahaya juga kan kalau sampai resisten antibiotik. Selain itu, penggunaan cranberry juga bisa mensupport kesehatan jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan, dan juga sebagai antioksidan. Banyak banget ya manfaatnya?

Beruntungnya, kita hidup di jaman serba mudah. Buat dapetin khasiat dari buah Cranberry, ngga perlu susah-susah nyari buah yang jelas-jelas masih langka itu di Indonesia. Karena, sekarang udah ada yang namanya Prive Uricran, suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah Cranberry. Prive Uricran ini udah bisa teman-teman dapatkan di apotek-apotek terdekat. Atau  kalau mau dapet harga miring, Uricran lagi buka booth di beberapa tempat nih, bisa cek langsung di Ignya @uricran Ssst. Diskonnya sampai 70% lho!

Prive Uricran ini ada 2 macam, ada yang tablet dan serbuk. Keduanya mah sama aja, cuma beda dibentukannya aja. Tapi kalau aku lebih favorit yang serbuk karena bisa diminum pakai air dingin. Jadi, ngga berasa kaya minum obat atau vitamin, lebih kaya minum jus aja. Karena rasanya Uricran ini, asem-asem seger gitu, ditambah pakai air dingin ya udahlah. Klop!

So, jangan lagi sepelein yang namanya anyang-anyangan ya Kawanii^^

No comments:

Post a Comment