Saturday, May 5, 2018

Resep Membuat Nanas Goreng SKIPPY

Resep membuat Nanas Goreng SKIPPY

Halo hai Kawanii, rasanya udah lamaaa banget ngga nge-share resep masakan apapun di blog ini. Pas dicek, ternyata terakhir share resep sekitar 3 tahunan lalu. Whattt??? Artinya selama 3 tahun itu aku beneran ngga bereksperimen di dapur gitu ya? WKWK.

Sesusah itu kah menemukan resep makanan yang menarik minat buat dicoba atau emang akunya aja yang pamalesan? Jelas aja, yang terakhir itu lah jawabannya. Seperti yang pernah aku bilang, aku emang ngga ada minat, atau ada sih tapi miniiim banget ke soal masak. Aku tuh cuma akan masak sesuatu yang aku suka dan ingin coba aja, seperti masak seblak salah satunya. Ini ngga tau ya, kesukaan sama yang namanya seblak ngga ilang-ilang sampai sekarang, wkekeke.

Tapi, biarpun aku bilang minat aku ke soal masak ini sangat minim, sesekali kalau lagi masak atau nyobain bikin makanan, aku suka ngerasa kayanya kok sebenernya aku tuh punya bakat terpendam yah soal masak? Walaupun mungkin, cuma sedikiiit.

Soalnya, jarang masak aja, sekalinya masak hasil masakan aku bisa enak. Enaknya ngga sampe enak banget gitu sih, cuma minimal rasa masakan yang aku bikin ngga "berantakan". Ada rasanya, dan bisa diterima lidah. Itu kenapa aku merasa punya sedikit bakat soal masak. Mungkin kalau bakat ini diasah, bisa kalik buka restoran atau cafe *semoga-jadi-doa. AAMIIN!

Nah, waktu dapet tantangan dari Skippy, tetiba aja keinginan buat kembali bereksperimen di dapur kembali datang. Yes! Akhirnyaaa, setelah sekian lama. Dan hal yang bikin aku merasa tertarik buat ikut tantangan dari Skippy adalah, sebuah fakta kalau ternyata Skippy Peanut Butter ini bisa banget dikreasiin buat dibikin bermacam-macam menu.

Selama ini, aku (dan mungkin kamu), kan taunya kalau Skippy si selai kacang ini cuma bisa dinikmatin dengan cara dioles ke roti yaa. Padahal, Skippy ini bisa banget lho dibikin jadi bumbu kacang buat teman makan Ayam Panggang, bisa juga dibikin jadi pasta saus kacang, dan konon katanya, sate khas Jakarta yang terkenal itu, rupanya berbahan dasar Skippy buat bumbu kacangnya. Pantesan aja rasanya bisa enaaak. Dan masih ada banyak cara untuk berkreasi dan menikmati Skippy ini, jadi menu sarapan, makan siang, makan malam, toping cemilan, dan bahkan bisa dibikin jadi minuman juga lho.

Sebetulnya, tadinya aku merasa tertarik buat cobain eksperimen bikin menu yang ayam-ayaman dibikin pakai Skippy. Tapi, waktu itu aku dapetnya Skippy yang Chocolate stripes, yang aku pikir, kayanya bakal kurang pas nih kalau dibikin jadi masakan yang gurih-gurih gitu. Masakan yang gurih, menurut aku cocoknya pakai Skippy Peanut Butter yang Creamy atau Chunky. Ngga tau sih ini bener apa cuma firasat aku doang. Hehe. Akhirnya, aku putuskan buat bikin menu cemilan aja deh. *cariaman

Resep membuat Nanas Goreng SKIPPY
Bahan dasarnya cumu butuh ini
Cemilan yang aku bikin ini pada dasarnya terinspirasi dari menu jajanan pinggir jalan. PISCOK alias PISang-COKlat. Tapi di sini aku ganti pisang dengan nanas, dan mengganti coklat dengan tentu aja Skippy Peanut Butter Chocolate stripes.

Kalau ditanya kenapa nanas? Kebetulan aku emang suka nanas sih. Dan ngga tau kenapa, aku mikirnya, nanas ketemu coklat (dari Skippy) akan menghasilkan rasa yang “baru”. Awalnya sih, aku pikir komposisi selai kacang dan coklat di Skippy Peanut Butter Chocolate stripes ini bakal sama banyaknya. Tapi ternyata, tetap lebih dominan selai kacangnya.

Tadinya sempet ragu, apa bisa nanas yang rasanya manis di-mix sama selai kacang yang rasanya gurih? Setelah dicoba, ternyata rasanya ngga buruk juga kok. Aku sih suka, ngga tau ya kalau mas anang. *EHHH

Cuma akhirnya aku jadi bingung sendiri kasih nama cemilan ini. Ngga seperti perpaduan nama Piscok yang terlihat serasi, perpaduan nanas dan kacang tuh agak susah dicari nama yang serasinya. Haruskah kuberi dia nama NASCANG? Kok kayanya ngga banget yha. HAHA. Mau bikin nama Pineanutapple, kok kayanya ribet. Ada yang punya ide ngga, kira-kira enaknya makanan ini dikasih nama apa? Sementara aku kasih nama Nanas Goreng Skippy aja dulu yak *akumentok

Buat yang mau coba, bikinnya tuh gampang bangeeet kok. Sekedipan mata juga beres. Langsung aja yaaa, ini dia resep membuat Nanas Goreng Skippy ala Rani.

Bahan :

Nanas, potong kotak-kotak kecil.
Skippy Peanut Butter (bisa varian apa aja)
Kulit lumpia
Mentega/butter
Keju slice, potong 4 (opsional)
Susu Kental Manis, buat topping. (opsional)

Cara membuat:

Resep membuat Nanas Goreng SKIPPY
  • Siapkan kulit lumpia, taruh keju dipaling bawah, kemudian potongan nanas, dan beri sekitar ½ sendok teh (boleh lebih) Skippy Peanut Butter di atasnya, lalu lipat kulit lumpia. Bisa ditempel dengan putih telur, agar lebih merekat. Kalau kulit lumpianya terlalu tipis dan robek, bisa dilapis 2 ya. Lakukan berulang. Btw, Aku kemarin cuma bikin 4 karena nanasnya tinggal dikit :s
  • Panaskan mentega/butter di atas teflon, harus pake teflon ya biar ngga nempel. Setelah agak panas, masukan 1 per 1 nanas yang sudah dibalut dengan kulit lumpia, tunggu sampai berubah warna dan terlihat garing. Lalu selesai, dan cemilan siap dihidangkan.
Resep membuat Nanas Goreng SKIPPY


Btw, sebelumnya, buat ngegorengnya, aku sempat pakai cara menggoreng Piscok, dengan wajan dan minyak yang banyak, tapi menurut aku, hasilnya jadi kurang bagus, warnanya juga kurang pas karena minyaknya juga jadi "kotor terkena lelehan selai yang terlalu mencair kena minyak panas.

Akhirnya, kepikiran buat digoreng dengan sedikit minyak (aku pakai mentega) aja pakai teflon. Hasilnya, warnanya jadi cukup bagus, dan selai kacangnya juga meleleh dengan sempurna (tidak terlalu mencair).

Jadi pas dimakan, kresss banget. Kulit lumpia yang garing di luar, ketemu sama lelehan selai kacang lembut di dalam, berpadu sama potongan nanas yang manis dan fresh, ditambah sedikit rasa gurih dari keju. Rasanya? Seperti yang aku bilang sebelumnya, not so bad, enak malahan.

Biar ngga penasaran, monggo dicoba sendiri yaaa, nanti boleh kabar-kabarin aku gimana rasanya menurut kalian yaaa. Atau, kalau mau dikirimin ke rumah juga boleh banget lhoo :D




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

No comments:

Post a Comment