Monday, May 28, 2018

Bikin Perencanaan Keuangan Buat Lebaran, Emang Penting?

Perencanaan keuangan buat lebaran

Halo hai Kawanii, tahun-tahun sebelumnya, uang THR yang aku dapat biasanya masih bisa aku tabung atau aku pakai untuk beli keperluan pribadi. Tahun ini, sepertinya uang THR akan aku habiskan secara maksimal buat memenuhi kebutuhan lebaran.

Sebetulnya, buat kebutuhan lebaran, aku udah mulai nyicil nabung sih dari 2 bulan sebelum Ramadhan. Tapi, rupanya belum cukup. Dan Alhamdulillahnya, perusahaan tempat aku kerja, tahun ini kasih aku THR yang jumlahnya sangat cukup buat memenuhi semua kebutuhan lebaran. Termasuk buat bagi-bagi THR buat orang terdekat. Alhamdulillah. Allah emang Maha-Baik!


Btw, sah-sah aja kan kalau uang THR dihabisin? Atau sebetulnya wajib buat ditabung? Menurut kalian? Kalau menurut aku ya, wajib ditabung sih kalau 11 bulan sebelumnya, kita udah nyicil nabung dana buat lebaran. Tapi kalau yang kaya aku gini, yang baru 'ngeh nabungnya pas udah deket-deket, apalagi sebelumnya aku emang ngga pernah mikirin soal dana lebaran. Otomatislah, uang THR jadi andalan. Jadi, menurut aku sih, ngga apa-lah kalau uang THR dihabisin, yang penting habisnya ngga yang habis percuma gitu.

Nah, biar uang THR bisa habis secara maksimal, aku mensiasatinya dengan menuliskan apa aja kebutuhan untuk lebaran nanti. Seperti, beli baju baru buat aku sama Ibu, beli bahan-bahan untuk bikin kue lebaran, uang belanja untuk masak lebaran buat Ibu sama emak, uang buat dibagi-bagi (THR kecil-kecilan), termasuk juga uang yang dibutuhkan buat keperluan pasca-lebaran.

Setelah semuanya ditulis, baru deh dihitung, kira-kira berapa budget yang bisa aku keluarkan untuk setiap pos-nya. Kalau masih sisa, baru deh bisa nyisihin uang buat "senang-senang". Setelah dihitung-hitung, ternyata lumayan besar juga lho totalannya. Segini, aku ngga ada dana mudik, karena emang ngga mudik. Apa kabarnya kalau harus mudik kaya rang-orang? Pasti butuh dana yang jauh lebih besar lagi. Huhu Mangaaats ya buat mudikers!!

Jadi, buat aku, bikin perencanaan keuangan kaya gini tuh emang penting banget. Soalnya, aku emang masih belum bisa disiplin soal pengeluaran. Apalagi kalau lagi pegang uang, kaya uang THR ini, aku suka sok’ royal beli ini itu.

Lah, gaji bulanan yang udah dibikin rencana anggaran tiap bulannya aja sering kecolongan. Gimana ini, uang THR yang datangnya macam uang kaget. Kalau ngga segera "diselamatkan", bisa habis tak bersisa, bahkan bisa jadi sebelum lebaran datang dia (baca: uang THR) udah abis duluan.

Apa kabar kehidupan pasca-lebaran nanti? Gajian berikutnya masih lama tjoy! Dan jangan sampe juga lah lebaran cuma punya menu spesial Nasi Goreng kaya keluarga Surya gegara uang THR cuma numpang lewat doang. Muehehehe.



Ehiya, udah pada kenal belum sama Keluarga Surya? Kalau belum, sini aku kenalin dulu yak. #KeluargaSurya adalah sebuah sitkom web series persembahan dari SunLife Indonesia. SunLife ini jadi yang pertama, yang mempromosikan dan mengedukasi tentang pentingnya perencanaan keuangan dan asuransi melalui cara yang unik dan menarik, yaitu melalui tayangan video sitkom (situasi komedi) ini.

Episode perdananya Keluarga Surya baru aja tayang, 24 Mei 2018 kemarin, di Youtube channelnya SunLife Indonesia. Nah, di episode perdananya ini, temanya pas banget bahas tentang THR. Judulnya, THR: Dihabisin atau Ditabungin?

Coba hayo, kalau teman-teman, uang THR biasanya dihabisin atau ditabungin aja? Kalau cek jawaban dari polling insta-story sih, 75% dari responden bilang, mending ditabungin. Yaa, mungkin maksudnya ditabung untuk dihabiskan kemudian :p *sesaaat HAHA




Balik ke sitkom Keluarga Surya.  Jadi, Keluarga Surya ini terdiri dari, Papa Surya, Ibu Mentari, Kakak Cahaya, dan Adek Fajar. Diceritain hari itu, Papa Surya baru aja dapet THR dan langsung ngajak anak & istrinya buka puasa di luar, udah gitu langsung di"todong" Ibu Mentari buat belanja semua kebutuhan lebaran, belum lagi diminta Fajar beliin sepatu, dan Cahaya yang minta dibeliin jam tangan baru.

Aku paling ketawa pas Cahaya nyeletuk ke Mamanya, "Bu, kalau THR itu kaya makanan ya? Harus dihabisin?" terus Ibu Mentari dengan semangat membenarkan celetukan si kakak. Epik banget emang nih ceritanya Keluarga Surya. Bisa banget bikin aku ketawa dan mikir dalam waktu bersamaan. Jadi ngga cuma lucu dan menghibur, tapi juga "berisi". Ngga percaya? Coba deh tonton dulu web seriesnya di sini ya,



Gimana? Lucu khaaan. Liat peranan Papa Surya, aku jadi berasa diajak "ngaca" deh. Soalnya, kurang lebih (mungkin) kita semua juga sama kali posisinya kaya Papa Surya, yang kalau pegang uang inginnya semua keinginan orang tersayang bisa terpenuhi dengan baik. Tapi, ya jangan sampai juga demi memenuhi keinginan, kebutuhan utama malah jadi terabaikan. Di situ lah manfaatnya bikin perencanaan keuangan. Jadi bisa nentuin skala prioritas juga kan dari situ.

Ohiya, kalau udah nonton, jangan lupa subscribe Youtube channelnya yak. Biar ngga ketinggalan update terbaru sitkom web series Keluarga Surya yang bakal tayang sampai 7 episode ini. Aku aja udah ngga sabar nungguin episode 2-nya.

Sssst, buat bocoran aja nih, tanggal 31 Mei 2018 nanti, SunLife juga bakal bagi-bagi banyak hadiah menarik lewat kuis di akun media sosialnya. Jadi, catat tanggalnya, dan #LebihBaikSekarang langsung follow aja media sosialnya SunLife. Siapa tau, Kamu bisa jadi salah satu pemenangnya. Mayan banget khan, buat nambahin THR-an lebaran nanti^^

Ini nih, medsosnya SunLife Financial Indonesia yang bisa teman-teman follow,

Instagram @Sunlife_Id | Twitter @SunLife_ID | Facebook @SunLifeIndonesia

3 comments:

  1. Betul coy lama dan uang pangkal udah ngetok-ngetok. Jadi berbesar hati untuk lebih sederhana mengelola uang THR

    ReplyDelete
  2. Kalo aku sih selama ini prinsipnya THR itu ya semacam bonus aja gitu, yang gak perlu ditabung & boleh diabisin gitu aja. Nabung itu ya dari gaji bulanan. Hehehe... Tapi motherhood sepertinya mengubah pandanganku. Udah mulai mikirin masa depan calon anak, jadi THR tahun ini alhamdulillah belum tersentuh sepeser pun (!!!) sejak dapet semingguan yang lalu. Prestasi lah buat aku mah kayak gitu tuh 🤣

    Ini Keluarga Surya kocak banget! Cahaya bisa banget menganalogikan THR sama makanan hahaha

    ReplyDelete
  3. Emang bagus yaa merencanakan thr, selana ini ane dapat thr ya habis cuma cuma gak tau rimbanya ke mana, dan baru ini ane sadar ternyata mengalokasikan keuangan itu perlu dan menabung

    ReplyDelete