Thursday, May 24, 2018

Serba Serbi Ramadhan Tahun Ini

Serba Serbi Ramadhan Tahun Ini

Halo hai Kawanii, ngga berasa udah seminggu aja memasuki bulan Ramadhan. Gimana puasanya teman-teman? Semoga lancar-lancar yaaa. Kalau aku, baru ikut puasa di hari ketiga Ramadhan. Roman-romannya sih ngga bakal bisa ikutan sholat ied juga. Huft. Sedih deh. Kayanya ini udah tahun kedua ngga ikutan sholat Ied. Dan... ada yang lebih bikin sedih sih. Soalnya ini tahun pertama, Ramadhan tanpa Bapak. Ngga pernah kepikir sebelumnya, kalau Ramadhan tahun lalu, jadi Ramadhan terakhir bisa bareng-barengan sama Bapak.

Waktu awal-awal mau masuk bulan Ramadhan, udah kebayang-bayang bakal gimana sedihnya. Biasanya rusuh bertiga, sekarang cuma bisa anteng aja berdua sama Ibu. Tapi, hidup harus tetap berjalan kan ya? Dan, aku percaya, hari-hari yang aku pikir akan berat, hanya akan terlewati begitu aja seiring berjalannya waktu. Lagian, aku ngga bisa dan ngga boleh terus-menerus meratapi kepergian Bapak.

Yang sudah pergi, ngga mungkin bisa balik lagi. Tugas aku sekarang cuma tinggal menjaga kebersamaan dengan yang masih ada, yaitu Ibu. Karena, kita kan ngga pernah tau, berapa lama lagi waktu yang kita punya untuk bisa terus bersama sama orang yang kita sayang. Mumpung masih single juga, sih. Kalau udah nikah, kan ngga mungkin aku terus-terusan nempelin Ibu kaya sekarang, wkekeke.

Rencananya, Ramadhan ini, aku bakal skip semua undangan bukber, termasuk undangan event blogger. Soalnya, ngga tega juga kalau harus ninggalin Ibu buka puasa sendirian di rumah. Tapi, pas diobrolin, ternyata Ibu ngga masalah kalau aku harus buka puasa di luar sambil ada kerjaan. Opsinya, sementara aku pergi, Ibu buka puasanya di rumah emak (nenek). Kadang, kerasa lucu deh. Dulu, waktu aku kecil, Ibu kerja, aku yang dititip di rumah emak, sekarang macam gantian gitu :p

Setiap Ramadhan, aku sama Ibu selalu punya agenda yang sama setiap tahunnya. Yaitu, bikin kue dan berburu baju buat lebaran bareng-bareng. Bikin kue buat lebaran ini semacam udah jadi kebiasaan. Dari aku kecil, Ibu ngga pernah melewatkan agenda buat bikin kue ini. Ibu lebih suka kue lebaran bikinan sendiri ketimbang aku tawarin beli. Selain kadang ngga seselera, karena saking terbiasanya makan kue bikinan sendiri. Kalau bikin, menurut Ibu bisa lebih hemat, dan ada kepuasan tersendiri katanya. Kalau aku sih, jujur, ngga terlalu minat bebikinan kue gitu. Selama ini cuma bantuin aja. Ngga tau ya kalau udah nikah nanti mah, kali bisa dapet pencerahan buat bikin kue sendiri. HAHA.

Selain bikin kue, berburu baju lebaran di pasar juga jadi kegiatan yang ngga pernah kita lewatkan. Tahun lalu, aku dan Ibu, sama-sama beli long-dress. Buat tahun ini, kayanya kita kompak mau beli baju model tunik aja. Soalnya, dari yang udah-udah, baju model long-dress, biasanya cuma kepake di acara-acara tertentu aja, kaya ke undangan misalnya. Kalau tunik, enaknya lebih fleksibel. Buat ke undangan bisa, ke event blogger bisa, buat main apalagi. Bisa banget!

Buat urusan fashion, aku emang ngga pernah ngikutin trend, lagi mana aku ngerti yang begituan. Muehehehe. Buat aku, baju kaya gimana aja yang penting nyaman dipake. Dulu sih, aku senengnya pake kaos dan jeans. Tapi, sejak mulai ngga PD pake jeans dan mulai berpindah ke celana bahan, buat baju juga jadi ikut menyesuaikan. Selain kemeja, baju model tuniklah yang jadi favorit aku. Soalnya, baju tunik itu rata-rata panjangnya sepaha bawah (di atas lutut). Buat aku yang punya pinggul dan paha yang ngga biasa, jumbo maksudnya :p, baju tunik ini semacam penyelamatlah, buat menyamarkan yang jumbo-jumbo :v

Sebelum Ramadhan, aku sama Ibu udah iseng ke pasar buat cek-cek model baju tunik terbaru, tapi belum beli sih cuma liat-liat aja. Selain ke pasar langsung, aku juga suka liat-liat model baju tunik terbaru di marketplace, seperti mataharimall.com.

Ada banyak pilihan model baju tunik terbaru dengan harga yang sangat terjangkau. Yang dibawah 100ribu juga ada. Buat yang males, puasa-puasa gini masuk-keluar pasar, belanja online emang bisa jadi pilihan teraman, yes.

Tapi kalau aku lebih seneng belanja ke pasar. Soalnya, aku tipe orang yang ngga bisa beli baju tanpa megang bahannya dulu. Lagian, kalau beli ke pasar, bisa sekalian sambil ngajak ibu "jalan-jalan". Ibu aku mah gitu, ke pasar aja udah dibilang jalan-jalan. Muehehe.

Nah, sepertinya, Ramadhan tahun ini agenda aku sama Ibu bakal bertambah 1 nih. Yaitu, ngabuburit bareng! Yash! Tahun-tahun sebelumnya, bisa dibilang, aku sama Ibu ngga pernah sama sekali keluar buat ngabuburit, soalnya tiap sore selalu sibuk nyiapin bukaan. Kalau sekarang, kita bisa keluar ngabuburit kapan aja, ngga perlu terlalu repot mikirin buat bukaan, tinggal buka puasa di luar aja :p

Tapi, semingguan ini, aktifitas ngabuburit masih di rumah aja. Soalnya, Alhamdulillah banget, awal-awal puasa ini dikasih nikmat hujan. Jadi adeeem puasanya. Kalau Kawanii, punya agenda rutin apa nih sama orang tersayang tiap Ramadhan gini? Share yaaa di komentar.

Dan, selamat menjalankan ibadah puasa yaaa, Kawanii. Semoga puasa kita tahun ini diterima Allah Swt. Aamiin ~

1 comment:

  1. Kalau aku mah suka banget nemenin ibu bikin kue (suka ngeliatin aja lebih tepatnya). Entahlah. Rasanya kalau sama ibu apa aja enak. Sayang, sudah beberapa ramadhan nggak bisa terus sama ibu.

    ReplyDelete